BLANTERWISDOM101

Tempat Wisata Di Cimahi Bandung Jawa Barat Indonesia

Selasa, 31 Juli 2018

Tempat Wisata di Cimahi – Untuk berlibur bersama teman atau keluarga, dipenghujung tahunlah waktu yang tepat. Sebab pada akhir tahun anak-anak kuliah dan sekolah sedang pada hari libur. Dan begitu pula dengan para pekerja, diperbolehkan untuk mengambil hari cuti. Kebersamaan yang pas untuk mengurangi segala keletihan tubuh dan fikiran. Kita dapat menghabiskan waktu bersama-sama, sambil memikirkan segala perbuatan jahat yang telah kita lakukan disepanjang tahun sebelumnya.

tempat wisata di cimahi
tempat wisata di cimahi @info_cimahi
Kita juga dapat mendiskusikan bersama keluarga maupun teman. Diantaranya mengenai rencana apa yang harus kita rancang, untuk dapat sukses ditahun-tahun yang akan datang. Dan momen ini akan sangat bermakna, bila kita melakukannya di tempat yang bermakna pula sebagaimana di tempat wisata Cimahi.

Tempat Wisata Di Cimahi Bandung

Kota Cimahi merupakan diantara kota yang terdapat di Provinsi Jawa Barat, yang awalnya ialah termasuk dari Kabupaten Bandung. Akan tetapi, mulai tahun 1976 Cimahi memutuskan diri dari Kabupaten Bandung, untuk membuat daerah otonomi dengan nama Kabupaten Cimahi. Seterusnya pada saat tahun 2001, Kabupaten Cimahi berubah menjadi kota administratif Kota Cimahi. Dimana cimahi yang memiliki 15 kelurahan dan tiga kecamatan.

Kota cimahi memiliki 3 kecamatan saja. Namun walaupun Kota Cimahi mempunyai kawasan yang sempit, wisata Cimahi mempunyai keindahan alam. Dimana keindahan alamnya, yang tidak kalah dengan wisata yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Wisata Cimahi terdapat dari beberapa jenis  mulai dari wisata sejarah, wisata alam Cimahi, wisata kuliner Cimahi, wisata religi dan wisata modern yang akan kami bahas dibawah ini.

Ciwangun Indah Camp

Meskipun Cimahi ialah sebuah kota administratif di provinsi Jawa Barat, Namun kota ini masih tetap mempunyai tempat wisata. Cimahi menyediakan pesona alam, dimana keadanaan pedesaan yang asri dan sejuknya udara pedesaan. Kita dapat menikmati betapa damainya atmosfer pedesaan di objek wisata, yang terdapat di Cimahi ini memiliki nama Ciwangun Indah Camp.

ciwangun indah camp
ciwangun indah camp @benny_heureuy

Ciwangun Indah Camp ialah sebuah desa wisata yang mempunyai luas sekitar 22 hektar. Dina wisata alam ini terletak di Kota Cimahi. Desa wisata ini ditetapkan oleh pemerintah Kota Cimahi ditahun 2006. Ciwangun Indah camp, mempunyai beberapa fasilitas yang dapat memanjakan pengunjung. Seperti aliran sungai Situ Lembang, yang airnya mengalir di tengah desa. Di desa wisata Cimahi ini pula terdapat hutan pinus, camping ground dan lokasi untuk outbond.

Alam Wisata Cimahi

objek wisata Cimahi yang tidak boleh ditinggalkan saat datang ke Kota Cimahi ialah alam wisata Cimahi. Alam wisata Cimahi beralamat, di jalan Kolonel Masturi KM.14 No. 157, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat. Wisata alam cimahi merupakan perpaduan yang begitu direkomendasikan untuk berlibur keluarga.

alam wisata cimahi
alam wisata cimahi @kikantourntravel

Di alam wisata Cimahi, ataupun yang biasa dikenal dengan sebutan AWC. Ternyata letaknya di lokasi yang begitu strategis. Karena, hanya 4 kilometet dari pusat kota Cimahi. Kalau kita berasal dari arah Bandung, kita dapat melewati jalur yang sama dengan jalur yang menuju ke Lembang. Dan dari pusat Kota Cimahi menuju Alam Wisata Cimahi, memerlukan waktu 30 menit hingga 45 menit. Jarak tempuh, tergantung padat atau tidaknya arus lalu lintas Kota Cimahi.

Alam Wisata Cimahi Harga Tiket Masuk

Tiket masuk di Alam Wisat Cimahi tidak dikenakan biaya. Biaya tiket masuk Alam Wisata Cimahi memang gratis, namun kalau kita kepengen merasakan beberapa permainan yang disediakan maka akan dikenakan harga tertentu. Biaya tiket masuk Alam Wisata Cimahi, disetiap permainannya begitu terjangkau. Harga tiket Alam Wisata Cimahi, seperti permainan kereta mini sebesar Rp. 15.000, untuk ATV Rider yakni Rp. 20.000, permainan panahan Rp. 15.000 dan paintball biayanya Rp. 20.000.


Alam Wisata Cimahi juga menyuguhkan lokasi, untuk permainan outbond seperti hi-rope dan flying fox. Kita juga dapat memancing di kolam ikan, yang terdapat di Alam Wisata Cimahi. Dimana anda cukup membayar biaya Rp. 10.000. Kalau ingin berkeliling di  Alam Wisata Cimahi, kita tidak perlu bercapek-capek berjalan kaki.

wisata alam cimahi
wisata alam cimahi @alamwisatacimahi

Kita dapat merasakan indahnya pemandangannya, dengan menaiki kereta kuda atau delman yang telah tersedia. Biaya yang dipatok, untuk dapat menaiki delman ialah Rp. 5.000. Di Alam Wisata Cimahi, kita juga dapat merasakan indahnya matahari yang mau tenggelam atau sunset. Sehingga menjadikan objek wisata ini, tidak pernah sepi pada saat hari mulai sore.

Dari pada itu, hal yang menarik pengunjung untuk datang ke Alam Wisata Cimahi yang indah. Diantaranya, ialah berbagai macam kuliner yang terdapat di objek wisata ini. Bukan hanya baru-baru ini saja keterkenalan wisata kuliner Alam Wisata Cimahi, namun sudah lama.
Menu yang menarik perhatian para pengunjung, dan harganyapun ramah di kantong. Harga yang sangat berbeda dengan dan tidak semahal, seperti di tempat wisata lainnya. Menu dengan ala sunda serta menu ala kebarat-baratan ini, sangat disukai oleh para pengunjung.

Kampung Cireundeu

Sekalipun kota cimahi terkenal akan enaknya wisata kuliner, serta wisata alam yang memukau.Tidak sekedar wisata kuliner dan wisata alam saja, yang tersedia di Kota Cimahi. Tapi kota cimahi juga, kebudayaan dan sejarahnya menjadi pusat perhatian pengunjung. Wisata kebudayaan dan sejarah ini, berada di kampung Cireundeu.

kampung Cireundeu
kampung Cireundeu @sagalanabandung

Kampung Cireundeu berada di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Kota Cimahi ini mempunyai konsep yang hampir sama dengan Kasmpung Naga, yang terletak di Tasikmalaya dan Kampung Urug di Bogor.

Ada kebudayaan dan istiadat, yang tetap dipegang mantap oleh penduduk di Kampung Cireundeu. Hal yang menjadi perhatian dari penduduk Kampung Cireundeu, yakni makanan sehari-harinya bukanlah nasi. Namun singkong, menjadi makanan pokoknya. Penduduk kampung cirendeu, masih peduli terhadap peninggalan nenek moyangnya. Sehingga mereka, masih tetap merawat dan menjaga artifak kebudayaannya.

Curug Bugbrug

Kota Cimahi memang mempunyai pesona alam yang dapat memanjakan para pengunjung. Diantara yang tidak kalah bagusnya, yaitu Curug Brugbug. Curug Brugbug merupakan sebuah air terjun atau brugbug, yang berbentuk saling bertindihan dan bertumpuk. Asal usul kata “brugbug” yang dalam bahasa sundanya, bermakna bertumpang tindih. Akhirnya dinamakan “Curug Bugbrug”.

curug bugbrug
curug bugbrug @irfanhilmy_

Ait terjun yang terletak pada ketinggian 1050 mdpl, memberikan ketenangan raga dan jiwa. Hal ini disebabkan suara dari derasnya air terjun Curug Bugbrug. Eksotisnya dibawah air terjun Curug Bugbrug yang saling bertumpukan tersebut, memiliki kolam dengan air yang luas dan jernih. Dimana kolam tersebut mempunyai kedalaman sekitar 3 meter yang dapat dijadikan buat berenang.

Taman Kartini Cimahi

Taman Kartini yang terdapat di Kota Cimahi, mulanya memiliki nama Taman Wilhelmina. Dimana nama ini dikenal, pada zaman kolonial Belanda. Pohon-pohon yang rimbun di Taman Kartini, menjadikan taman yang cocok untuk menghilangkan lelah dari kehidupan kota yang panas.

taman kartini cimahi
taman kartini cimahi @etet_teterekel

Taman bermain yang cukup dekat dan ramah di kantong karena tidak ada biaya tiket masuk. Tersedia berbagai fasilitas bermain bagi anak-anak disini. Tersedia pula lahan kosong bagi ibu-ibu yang ingin berkumpul dan berisitirahat sembari menunggu anaknya pulang bermain dan sekolah. Banyaknya mang baso dan tukang jajanan lainnya membuat tambah betah dan bisa berwisata kuliner juga. hehe.

Taman Wisata Pakuhaji

wisata pakuhaji
wisata pakuhaji @wisatapakuhaji

Taman merupakan ciri khas yang dimiliki oleh objek wisata Kota Cimahi. Selain Taman Kartini juga, Kota Cimahi mempunyai taman yang bernama Taman Wisata Paku Haji. Bagi anda yang menyukai permainan berkuda, maka Taman Wisata Paku Haji cocok sebagai wahana penunggang kuda. Bukan hanya itu saja, namun disini masih ada juga wahana outbond seperti ATV, camping ground dan beberapa wahana yang lain. Serta terdapat kebun binatang mini, yang bisa menjadikan para pengunjung anak-anak terasa dimanjakannya.

Taman Strawberry All About strawberry

Provinsi jawa Barat memang sudah populer dengan produksi strawberry, sebab wilayahnya yang terletrak di daerah pegunungan. Diantara kebun strawberry yang populer di Koata Cimahi ialah All About Strawberry.

taman strawberry
taman strawberry @billie_joe87
All about strawberry ini, berlokasi di Jalan Cihaunjang KM.2, Kota Cimahi. Di kebun Strawberry ini, anda dapat menikmati udara yang sejuk. Selain itu juga pemandangan merah dan hijau dari pohon strawberry, membuat mata terpesona. Anda juga dapat membeli buah strawberry yang segar, dan berbagai olahan strawberry. Dari pohon strawbery ini diolah menjadi dodol, kue, milkshake, jus dan lain-lain di All About Strawberry.

Taman Bunga Cihideung

Saat anda datang ke Kota Cimahi, maka janganlah lupa untuk melipir ke Taman Bunga Cihideung. Taman Wisata Cihideung terletak di Desa Cihideung, Kecamatan Parangpong, Kota Cimahi. Bunga-bunga yang terdapat di Taman Bunga Cihideung ,mempunyai dua jenis yakni bunga potong dan bunga hias.

taman bunga cihideung
taman bunga cihideung @lapliep
Demikianlah pembahasan mengenai beberapa “tempat wisata di Cimahi bandung jawa barat”. Semoga menjadi bahan referensi ketika mau berlibur. Semoga anda bisa mendatangi semuanya.


Share This :

0 komentar