BLANTERWISDOM101

Pantai Di Bantul Yogyakarta Yang Menarik Untuk Di Kunjungi

Senin, 30 Juli 2018

Pantai di Bantul Yogyakarta – Bantul ialah salah satu kabupaten yang ada di Jogjakarta. Keberadaannya yang bertetangga dengan Samudera Hindia, manjadikan kabupaten ini mempunyai keindahan alam yang begitu menawan. Tidak sedikit dari kebanyakan orang, yang berlibur ke Jogjakarta. Mereka meluangkan waktunya, untuk mengunjungi pantai-pantai di Bantul.

Pantai di Bantul Yogyakarta

Wisata di Bantul, yang utamnya adalah objek pantainya. Karena pantai di bantul, memiliki beraneka macam suasana dan bentuk. Kebanyakan pantainya ialah pantai Samudera. Bila anda merasa penasaran mengenai pantai-pantai tersebut, dibawah ini penjelasannya.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang sangat populer. Baik di kabupaten Bantul, bahkan di Jogjakarta sendiri. Pantai ini menjadi kebanggan Jogjakarta. Terkenalnya hingga tertanam ke para wisatawan. Jika anda berlibur ke Jogjakarta, akan tetapi belum sempat mengunjungi pantai parangtritis. Maka tidak sempurna berwisata tanpa ke pantai parangtritis.

pantai parangtritis bantul
pantai parangtritis bantul by @ikka.septin
Mengenai ombak yang terdapat di Pantai Parangtritis begitu ganas, oleh karena itu para wisatawan dilarang untuk melakukan permainan selancar atau permainan air yang lain. Namun anda jangan bersedih, sebab di pantai ini juga mempunyai panorama alam yang mengagumkan.

Kangen jalan ke sini : 5 Pantai Di Jakarta

Hamparan pasir yang begitu luas, serta memanjang dikawasan pantai ini. Untuk merasakan nikmatnya keindahan pesisir pantai, telah disediakan berbagai kendaraan seperti Bendi dan ATV. Kedua kendaraan ini, tidak sedikit yang terdapat di Pantai Parangtritis. Alat transportasi ini merupakan media, untuk memanjakan para wisatawan yang mengunjunginya dari berbagai daerah di Indonesia.

Daya tarik pantai parangtritis

Jika anda senang dengan yang namanya pertualangan, maka di kawasan pantai ini cocok buat anda. Anda bisa mencoba medan pasir yang ada, maka kendaraan ATV ialah pilihan yang begitu tepat. Anda dapat mengelilinginya sesuka hati, dengan meronggoh gocek Rp. 40.000 hingga Rp.100.000 per setengah jamnya. Kendaraan ini akan menemani anda memandang indahnya pantai Parangtritis.

Pantai di Bantul Yogyakarta
Pesona pantai parangtritis @wakhid_852
Akan tetapi, jika anda lebih berkeinginan bersantai sambil mengelilingi pesisir pantai hingga ke ujung timur yang memiliki keindahan batu karang yang cantik maka alangkah baiknya anda menaiki Bendi. Bendi ialah semacam dokar namun hanya mempunyai satu kuda sebagai penariknya. Biasanya satu bendi hanya dapat digunakan dua orang penumpang. Goyangan dokar kecil dan alunan tapak kuda tersebut bisa menambah keadaan liburan anda menjadi lebih bahagia.

Selain kedua kendaraan tersebut, di area ini juga menyediakan banyak penyewaan kamar mandi sebagai pembersih badan setelah lama bermain air dan pasir di kawasan pantai.

Ada lagi yang menjadikan tempat ini bisa memuaskan para pengunjung yakni keindahan sunset di Pantai Parangtritis. Dipermukaan laut ini terlihat begitu jelas gemerlapnya matahari yang mau terbenam. Pesona alam yang sangat meankjubkan yang dapat anda nikmati. Jika anda ingin menginap dikawasan ini, telah ada banyak penginapan dan losmen dengan biaya yang terjangkau.

Pantai Depok

Pantai Depok yang terdapat di daerah Bantul Jogja ini kayaknya dikhususkan oleh pemerintah setempat guna sebagai pantai penyaji seafood terbesar. Berawal dari banyaknya hasil tangkapan ikan dari para nelayan di kawasan ini yang menjadikan pengunjung dapat membelinya secara langsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang memiliki nama Mina Bahari 45.

Kuliner seafood di pantai Depok berderet menghadap kearah selatan supaya para pengunjung bisa merasakan indahnya pantai, seraya merasakan nikmatnya hidangan yang disuguhkan. Keunikanlah yang dimiliki oleh kuliner dipantai ini, sebab pengunjung dapat memilih berbagai jenis ikan yang akan dimasak dan dapat membelinya secara langsung.

pantai depok jogja
pantai depok jogja @oni_no_te_rinku


Terdapat tempat lesehan dengan meja kecil yang beralaskan tikar untuk menikmati masakan yang telah disajikan. Suasana keadaan yang begitu menawan sebab anda akan ditemani oleh angin pantai yang menyegarkan seraya menyantap ikan bakar yang sudah dipesan.

Ikan cakalang ialah ikan yang paling murah untuk dipesan. Terdapat juga ikan kakap putih dan merah yang populer dengan ketebalan dagingnya. Rasanya yang begitu sedap dan gurih ketika dipanggang. Tidak hanya itu saja jenis seafood yang terdapat di pantai ini akan tetapi juga tersedia cumi-cumi, udang dan kepiting.
Kalau kangen ngopi : Tau Ga Sih ! 5 Tempat Ngopi di Jakarta ?

Keberadaan pantai Depok begitu sangat dekat dengan pantai Parangtritis, kira-kira hanya berjarak 1,5 kilometer. Jika anda sudah berada di pantai Parangtritis, jangan samapi melupakan pantai yang satu ini, sebab capeknya ketika di pantai sebelumnya bisa dikurangkan dengan masakan lezat seafood pantai Depok ini.

Pesona Pengklik Pantai Samas

Pantai Samas yang berada di bantul Jogja ini sudah dikenal oleh masyarakat sajak lama di kabupaten Bantul. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, sebab bertetangga dengan pantai Parangtritis. Pada sekarang ini pantai Samas dirubah bentuknya menjadi lebih asyik dan modern untuk didatangi. Perubahan itu dikasih nama Pesona Pengklik, sebuah area baru agak sedikit ke timur dari pantai Samas.

pantai samas
pantai samas @anjartriasmara

Diantara hal yang menarik dari keindahan Pengklik yakni Laguna air yang tercipta secara alami. Di laguna ini ada kuliner apung. Yang mana wisatawan bisa merasakan nikmatnya santapan seraya santai terapung diatas air.

Untuk menjadikan wisatawan merasakan kenyamanan, telah ada beberapa jenis wahana permainan anak-anak. Fasilitas lainnya yang dapat anda datangi yakni tambak udang.

Tak kalah dengan pantai-pantai yang lain, keindahan pengfklik juga memiliki keindahan sunset yang begitu menarik. Anda bisa menikmatinya dari bangunan gardu panjang yang berada ditengah lagunan.

Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru mempunyai ciri khas tersendiri dengan tanaman pohon cemara di pesisirnya, hampir sama dengan Pantai Goa Cemara Bantul. Rindangnya pepohonan cemara, membuat keadaan kawasan terasa sejuk dan alami. Hidangan seafood khas bantul, sambil berteduh di bawah rindangnya pohon cemara itu sesuatu banget deh.

pantai kuwaru bantul
pantai kuwaru bantul @_budiwaluyo
Pantai Kuwaru menyuguhkan beberapa macam jenis hidangan seafood dari hasil nelayan penduduk setempat. Hasil tangkapannya diolah oleh warung-warung di kawasan pantai, hampir sama dengan suasana pantai Depok.

Di tempat ini juga ada beberapa jenis wahana permainan untuk orang dewasa dan anak-anak. Mulai dari ATV, kolam renang, mandi bola, kereta mini dan motor trail. Keadaan yang sejuk dibawah pohon cemara akan menjadikan anda dan keluarga seakan-akan lupa untuk pulang saat berada di area pantai Kuwaru ini.

Pantai yang ada di Dusun Poncosari, Srandaan, Bantul ini mejadikan salah satu pantai di Bantul yang menawan. Untuk bisa sampai ke pantai Kuwaru biasanya dibutuhkan waktu kira-kira 30 menit dari pusat kota (Jika keadaan memungkinkan, alias tidak macet). Disepanjang perjalanan menuju pantai Kuwaru anda akan menikmati hamparan sawang yang begitu luas. Dari pada itu, anda juga dapatmemandang pepohonan pedesaan.

Pantai Baru Bantul

Pantai Baru Bantul bertetangga dengan pantai Kuwaru. Suasana alamnya hampir sama juga yakni mempunyai pohon cemara udang dikawasan pesisirnya. Pantai ini ialah pantai baru di Bantul. Anda bisa memandang tiang-tiang tinggi yang menjulang keatas di sekitar pantai ini. Tiang tinggi tersebut tidaklah sinyal seluler atau tiang listrik, akan tetapi tiang kincir angin guna sebagai pembangkit tenaga listrik bagi masyarakat setempat.

pantai baru bantul
pantai baru bantul @fristanrizki
Kincir angin yang hampir sama dengan menara ini ialah hadiah Kemenristek tahun 2010. Kincir angin ini biasa dimanfaatkan oleh para pengunjungv untuk mengambil foto bersama keluarganya.
Itulah 5 pantai di bantul yogyakarta yang menarik untuk di kunjungi. semoga pembahsan kali ini lebih bermanfaat pada pembaca semua. Kurang dan lebihnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Pantai selanjutnya kita akan bahas yaitu pantai pandansari, pantai parangendog, pantai pandansimo, pantai baros dan pantai goa cemara.

Salam kangen jalan.

Share This :

0 komentar